Kamis, 29 Februari 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Harga Cabai Rawit di Ponorogo Melonjak hingga Rp 100 Ribu/Kg

Harga cabai di Ponorogo melonjak. Cabai rawit yang semula Rp 50 ribu per kilogram, kini naik jadi Rp 100 ribu per kg.

Sedangkan cabai keriting yang biasanya Rp 30 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

“Naiknya itu sejak tahun baruan itu. Karena cabai di Ponorogo banyak yang busuk akhirnya kurang barangnya,” tutur Suprihatin, salah satu penjual cabai di Pasar Relokasi, Minggu (21/2/2021).

Menurutnya, karena harganya yang mahal akhirnya banyak pembeli yang mengurangi jatah pembelian. Yang biasanya membeli satu kilogram kini hanya seperempat kilogram atau satu ons.

Suprihatin mengaku, biasanya dia kulakan 50 kilogram cabai dan habis dalam sehari. Kini dia hanya berani kulakan 10 kilogram cabai. Itu pun selama tiga hari terakhir cabai miliknya masih ada.

Meski ada kenaikan harga, cabai saat ini cepat busuk karena musim hujan. Kiriman cabai saat ini hanya menunggu pasokan dari Kediri, Pacitan, Blitar dan Mojokerto.

Selain cabai, sejumlah bumbu dapur juga mengalami kenaikan. Bawang merah yang awalnya Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Bawang putih Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Kentang biasanya Rp 10 ribu naik menjadi Rp 13 ribu per kilogram.

Sementara pedagang cabai lainnya, Tumini menjelaskan, kenaikan harga cabai ini dinilai wajar terjadi di setiap tahun baru. Sebab, barangnya sedikit namun kebutuhannya banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menuju Pemilu 2024

This will close in 20 seconds