Selasa, 30 April 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Cegah Wabah PMK Menyebar, Polres Sidoarjo Putar Balik Kendaraan Muat Sapi

Penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) ke luar Sidoarjo diantisipasi. Gabungan petugas berwenang di Sidoarjo melakukan penyekatan dan memutar balik kendaraan memuat sapi yang hendak keluar.

Penyekatan itu dilakukan di Jalan Raya Tropodo, Kecamatan Krian. Sebuah pikap yang memuat sapi dan hendak membawa hewan itu ke rumah potong hewan (RPH) di kawasan Mojokerto tetap diputar balik.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintiro mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo memang sedang melakukan penyekatan di batas kota, khusus menyasar kendaraan yang sedang membawa hewan.

“Mengingat Sidoarjo ditetapkan menjadi daerah terjangkit wabah PMK. Tujuannya untuk mencegah penyebaran wabah itu ke kota/kabupaten lain,” katanya di lokasi penyekatan, Kamis (12/5/2022).

Penyekatan di Jalan Raya Tropodo misalnya, tidak diiringi pemeriksaan kesehatan hewan. Kusumo mengatakan, itu tidak perlu dilakukan karena meski hewan yang dibawa dalam kondisi sehat untuk semantara ini tetap tidak dizinkan dikirim ke luar Sidoarjo.

“Sementara itu, untuk hewan sapi yang hendak masuk dari luar kota ke Sidoarjo harus melalui RPH dan membawa rekomendasi atau surat keterangan sehat dari Dinas Pangan dan Pertanian daerah masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya bersama TNI dan dinas terkait akan berupaya maksimal menangani wabah PMK di Sidoarjo. Selain membatasi lalu lintas pengiriman hewan ternak dari Sidoarjo ke luar kota polisi juga membantu Pemkab dalam hal penutupan sejumlah RPH hingga wabah PMK teratasi.

“Kami juga mengimbau para peternak dan masyarakat agar tidak panik. Jangan ada permainan harga pasar akibat dampak wabah PMK pada sapi karena stok daging juga aman tersedia,” kata Kombes Kusumo.

Tidak hanya itu, kata Kusumo, polisi bersama Pemkab Sidoarjo dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian juga sedang menggiatkan penyembuhan hewan-hewan sapi yang terjangkit virus PMK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menuju Pemilu 2024

This will close in 20 seconds