Senin, 17 Juni 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Sebar Foto Hoaks, 3 Guru Honorer Diamankan Satreskrim Polres Mojokerto

Tiga guru honorer di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto diamankan Satreskrim Polres Mojokerto lantaran menyebarkan foto hoaks seorang pria dengan jeratan di leher.

Ketiga guru honorer itu berinisial RY (27), KA (24) dan KK (25), ketiganya warga Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Kasatreskrim Polres Mojokerto, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo mengatakan, RY saat itu mengalami kecelakaan tunggal di Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari.

“Waktu itu yang bersangkutan bersama KK akan berangkat ke Kantor Dinas Pendidikan. Keduanya pakai motor sendiri-sendiri. Namun di tengah perjalanan saudara RY kecelakaan tunggal karena terpeleset pasir,” ungkap AKP Andaru, Rabu (8/12/2021).

Kasat Reskrim menambahkan, saat itulah KK mengambil foto dengan tujuan izin tidak mengikuti kegiatan di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

“Foto itu diedit dengan aplikasi untuk menambahkan gambar luka jeratan dan darah pada leher, serta aplikasi untuk mengubah format foto menjadi PNG yang kemudian foto tersebut dikirim KA,” tambah mantan Kasatreskrim Polres Malang ini.

Alumni Akpol 2009 ini menyebut, foto yang sudah diedit itu lalu dikirim ke grup WhatsApp Guru Honorer PPPK (P3K) Kabupaten Mojokerto dan mengakibatkan foto hoaks tersebut viral dan membuat resah masyarakat.

“Ketiganya sudah kami amankan dan dimintai keterangan serta membuat video permintaan maaf karena ulahnya yang membikin resah masyarakat karena foto hoaks itu,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *