Jumat, 21 Juni 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Cara Lapor Polisi Bila Diteror dan Diancam Pinjaman Online

Kehadiran industri fintech dalam menawarkan produk keuangan berbasis digital seakan membuka pintu baru bagi masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman. Berbanding terbalik dengan layanan pinjaman konvensional yang ditawarkan bank atau koperasi, berbagai fintech menawarkan produk pinjaman online terpercaya yang dapat diajukan dengan sangat mudah dan tanpa persyaratan yang rumit.

Waspada! Itulah satu kata buat calon nasabah pinjaman online sebelum mengunduh dan pinjam uang di fintech ilegal jika tak ingin kena masalah teror dan ancaman para penagih utang (debt collector) pinjaman online ilegal.

Baca dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku serta telusuri apakah perusahaan aplikasi penyedia pinjaman online itu sudah terdaftar di OJK. Sebab pinjaman online ilegal tak mengikuti ketentuan cara penagihan utang ke nasabah dengan benar.

Bila lalai, telat bayar tagihan atau tidak melunasi utang, siap-siap hadapi teror dan ancaman pinjaman online ilegal ini. Berikut berbagai cara penagihan utang pinjaman online ilegal seperti berikut :

  1. Teror bertubi-tubi melalui panggilan telepon setiap hari
  2. Menghubungi keluarga, kerabat, teman, hingga atasan tempat kerja yang ada di dalam data kontak ponsel
  3. Membuat grup WhatsApp yang berisi keluarga, kerabat, teman, hingga atasan kerja nasabah
  4. Menyebar foto nasabah hingga foto-foto berbau pornografi bila ada di dalam ponsel nasabah di dalam WhatsApp grup yang dia bikin
  5. Diancam harus menjual ginjal hingga pelecehan seksual untuk melunasi utang
  6. Intimidasi dengan mengirim pesan singkat (SMS) ke seluruh nomor kontak yang ada ponsel
  7. Intimidasi dengan kata-kata caci maki tak pantas dan pelecehan
  8. Dan masih banyak lagi bentuk teror dan ancaman serta intimidasi lainnya yang merugikan nasabah

Bila sudah terlanjur terjebak utang di pinjaman online abal-abal ini, tak perlu panik lagi, begini cara lapor ke polisi :

  1. Kumpulkan semua bukti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan
  2. Datang ke kantor polisi terdekat
  3. Buat laporan sesampaikan di kantor polisi
  4. Atau adukan ke situs resmi OJK di https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan
  5. Atau melaporkan ke situs aduankonten.id, maupun melalui Twitter @aduankonten

Oleh karena itu, sebelum mengunduh aplikasi pinjaman online dan mulai berutang, harus mengecek legalitas perusahaan penyedia jasa kredit online ini, dengan cara:

  1. Cek perusahaan pinjaman online yang legal di ojk.go.id :
  • Klik ‘Berita dan Kegiatan’
  • Klik ‘Publikasi’
  • Pilih atau klik ‘Daftar Fintech Terdaftar di OJK’ terbaru
  1. Cek perusahaan pinjaman online yang legal/resmi di www.sikapiuangmu.ojk.go.id

Dalam ketentuan yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuanga, berikut kode etik perusahaan pinjaman online dalam memperlakukan penagihan:

  • Perusahaan aplikasi (pinjaman online) wajib mencantumkan seluruh biaya yang timbul dari pinjaman, termasuk biaya yang timbul di muka (pasa saat pinjaman dicairkan), bunga pinjaman, biaya asuransi, provisi, biaya keterlambatan, dan lainnya.
  • Setiap pinjaman mempertimbangkan dan menyesuaikan ekonomi penerima pinjaman untuk pengembalian.
  • Dilarang menagih menagih utang dengan kekerasan, baik fisik maupun mental, termasuk risak-maya dan merendahkan harga diri penerima pinjaman

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, persekusi dan penyalahgunaan data pribadi pelanggan melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Peraturan Menteri Kominfo No.20/2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

Bagikan

20 thoughts on “Cara Lapor Polisi Bila Diteror dan Diancam Pinjaman Online

  1. Selamat siang,

    Saya dyas, saya mau melapor bahwa Debt Colector Kredit Pintar Meneror saya sampai ke nomor kantor. Tolong solusinya agar tidak diteror ke kantor karena ini sudah melanggar hukum.

  2. Saya atas nama Ibu Rosdiana margaretha saya korban pinjol ilegal pak yg tenor 1 minggu… saya kira ada tenor nya ternyata hanya 1 minggu KTP dan data serta foto saya akan disebar luaskan di seluruh kontak saya jika saya belum membayar tagihan tersebut

  3. Masih mengalami kecelakaan dan tak sengaja telat bayar tagihan pinjol Kredit Pintar..
    Ketika siuman dan cek Hp ternyata sudah bnyak pesan teror dan Ancaman dari DC. Mencaci-maki dngn nma² binatang, sampai mengancam akan menjadikan Emak saya menjadi BANGKAI..
    Apakah memang seperti itu cara menagih nasabah yg telat bayar tagihan?? Fantastis sekali jika semua ini justru di-dukung oleh pihak Hukum di Negara ini..

  4. Saya mau lapor,suami sy di tipu pinjol masuk uang dr ada kami trnyata di tlp dr adakami palsu n uang yg masuk di Tf ke penipu itu yg memakai data suami sy..smua data n no rek di pake nya ..mohon solusi nya…uang tidak kami pkai sm sekali..malah kami TF tp ternyata di krim ke rek penipu itu..kami kita dr admin nya ada kami termyata si penipu yg makai data suami saya

  5. Selamat siang Pak saya mau lapor suami dan anak saya di telepon terus sama pinjol yg tidak bertanggung jawab saya tidak pernah pinjam tp anak dan suami di tlp trs menerus tolong ditindak lanjuti pak

  6. Saya terjebak pinjol pinjam yuk dan finplus dan mereka teror setiap hari setiap saat mulao dari jam 7pagi sampai 10mlm via wa tlf dan sms dan menelfon ke semua kondar serta mengancam foto saya akan dilecehan pdhal sdh saya blz masing2 wa nya parah itu pinjol

  7. Saya lapor pak saya di teror dan keluarga saya di ancam oleh pihak dc tunaiku dan pengancaman yang di incar anak yang duduk di bangku SMA pak tolong

  8. Saya di ancam akan di sebar data dan foto bugil padahal saya sudah membayar hutang.. Dari aplikasi dana cash.. Tolong tindak lanjuti

  9. Pak polisi
    Saya mau lapor
    Bahwa saya sedang ada tagihan pinjaman dari apk SUPER UANG
    dan produk pinjaman SELAMAT MEMINJAM , PINJAMAN LANCAR.
    Dikarenakan saya tidak merasa meminjam

    Bagaimana kah cara menanggapai hal tersebut.

    Tolong di tidak lanjuti pak

  10. Selamat sore
    Saya mau lapor pak saya di teror dan du intimidasi dan data pribadi saya di sebarluaskan oleh sampai telpon ke nomor teman” saya tolong ditindak lanjuti lagi apk kredit pintar

  11. Saya mau melaporkan perihal pencemaran nama baik. Salah satu oknun Debt Collector (tidak menyebutkan nama aplikasi) mengirimkan pesan singkat DM ke akun instagram kantor saya. Nama akun instagram tersebut adalah @andrasatria2020 dengan nama pemilik akun ANSRA SATRIA W.
    Akun tersebut mengirim DM ke instagram kantor saya dengan menyebutkan nama lengkap saya, NIK, nomer telepon, dan alamat rumah. Isi DM tersebut berisikan kalimat yang mencemarkan nama baik saya. Bahkan DC tersebut mengirimkan foto saya lewat DM instagram. Mohon ditindaklanjuti pak. Saya punya bukti screenshot pesan yang dikirimkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *