Kamis, 29 Februari 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Pupuk Subsidi Dijual Mahal, Pria Asal Jember Diamankan Satreskrim Polres Bondowoso

Seorang warga Jember yang menyalahgunakan pupuk bersubsidi diringkus Satreskrim Polres Bondowoso. Pelaku diamankan berikut barang buktinya berupa puluhan karung pupuk.

Pelaku yakni UF (38), warga Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo, Jember. Setelah dilakukan rapid test, pelaku langsung dijebloskan tahanan Polres Bondowoso untuk proses penyidikan dan pengembangan.

Padahal, pelaku bukan pemilik kios maupun distributor resmi pupuk bersubsidi. Ironisnya lagi, pelaku menjual pupuk sebanyak 4 ton tersebut dengan harga jual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Pelaku kami bekuk di wilayah Tamanan. Sudah kami tetapkan sebagai tersangka,” tegas Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, di Mapolres, Rabu (2/12).

Kapolres memaparkan tersangka memanfaatkan momen kelangkaan pupuk saat ini. Apalagi, saat ini sudah memasuki masa tanam. Sehingga kebutuhan akan pupuk meningkat.

Kalau pengakuannya, pupuk ini dibeli secara ecer di Lumajang. Setelah terkumpul, baru diangkut ke Tamanan, Bondowoso, dan juga akan disalurkan ke wilayah Banyuwangi,” kata Kapolres.

Pelaku mengaku pupuk subsidi tersebut dijual kepada petani di Bondowoso dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 320 ribu per kwintal. Padahal, HET pupuk bersubsidi sesuai regulasi per kwintal sekitar Rp 180 ribu.

Pelaku bakal dijerat dengan UU Darurat No 7 tahun 1955 tentang pidana ekonomi, jo pasal 4 huruf (a) PP pengganti UU No 8 tahun 1962, tentang perdagangan barang dalam pengawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menuju Pemilu 2024

This will close in 20 seconds