Minggu, 24 September 2023

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

Hujan Deras, 7 Desa di Jember Tergenang Banjir

Sebanyak 7 desa di Jember terkena banjir dengan ketinggian air hingga mencapai 1 meter. Sedikitnya 4 ribu Kepala Keluarga (KK) terdampak dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Banjir di Jember terjadi akibat guyuran hujan deras dalam 3 hari terakhir.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan, awal terjadi banjir di Kecamatan Puger dan Gumukmas. Banjir terjadi akibat luapan aliran sungai Bedadung, yang terkena banjir itu tersebar di 3 kecamatan. Yakni, Kecamatan Puger, Gumukmas dan Tempurejo.

Kecamatan Puger banjir terjadi di Desa Grenden dan Desa Mojosari. Kemudian Kecamatan Gumukmas terjadi di Desa Karangrejo dan Bagorejo. Untuk Kecamatan Tempurejo ada 3 desa yang terdampak. Yakni Desa Andongrejo, Desa Wonoasri, dan Desa Curahnongk

Ketinggian air banjir berkisar antara 30 cm hingga 1 meter. Diduga banjir karena luapan sungai yang tidak kuat menahan debit air yang terus bertambah  juga curah hujan tinggi masih terus terjadi.

Banjir itu pun merendam ratusan rumah dan mengakibatkan sebanyak 4.000 kepala keluarga terdampak. Sehingga harus diungsikan ke tempat aman.

Relawan BPBD Jember dibantu TNI dan Polri turun langsung ke lokasi banjir untuk melakukan evakuasi. Warga diungsikan ke posko yang aman dan telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *