Kamis, 29 Februari 2024

Ditreskrimsus Polda Jatim

Situs Resmi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur

3 Pelaku Penipuan Tiket Konser Coldplay Diringkus di Kota Malang

Tiga pelaku penipuan tiket konsep Coldplay ditangkap Polresta Malang Kota. Dua di antaranya berstatus ibu dan anak.

Ketiga pelaku adalah PA (19), tercatat sebagai warga Kecamatan Blimbing, Kota Malang, NW (47), yang berstatus ibu dari tersangka PA, serta GYP (22), warga Dringu, Kabupaten Probolinggo, yang merupakan pacar dari tersangka PA.

Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto mengatakan kasus ini terungkap berawal dari laporan korban berinisial RD warga Tangerang ke Bareskrim Polri atas kasus dugaan penipuan jual beli tiket konser Coldplay. RD membeli tiket dari informasi sebuah akun Twitter yang ternyata dikendalikan oleh pelaku.

“Awalnya dilaporkan ke Bareskrim, dari penyelidikan terduga pelaku diidikasikan sebagai warga Blimbing, Kota Malang, sesuai dengan KTP. Kemudian Kapolsek Blimbing berkoordinasi dengan Bareskrim untuk menyelidiki dan kemudian mengamankan tiga pelaku,” ujar Kombes Budi Hermanto dalam konferensi pers di Mapolresta Jalan Jaksa Agung Suprapto, Senin (29/5/2023).

Kombes Budi Hermanto mengungkapkan dalam aksinya pelaku memanfaatkan akun Twitter dengan follower ribuan sebagai alat untuk menjaring para korban. Akun Twitter dengan nama ‘Membirv’ itu kemudian dijadikan alat untuk menawarkan tiket konser Coldplay.

“Pelaku awalnya membeli akun Twitter centang biru, untuk menggaet para korban. Disitulah kemudian menawarkan penjualan tiket konser musik Coldplay. Setelah korban menyetujui kemudian komunikasi berlanjut via Whatsapp (WA), sampai kemudian korban melakukan transfer pembelian,” ungkapnya.

Ketiga tersangka ditangkap di Kota Probolinggo pada Jumat (25/5). Dari tangan mereka petugas menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan, seperti HP, buku rekening, sampai dengan perhiasan yang dibeli dari hasil melakukan penipuan.

“Setelah diselidiki di alamat sesuai KTP sudah pindah ke Probolinggo, dan ketiganya kita tangkap disana. Dari tiga tersangka, dua merupakan ibu dan anak yakni PA dan NW , dan satu tersangka laki-laki berinisial GYP merupakan pacar dari tersangka PA,” terang Kapolsek Blimbing Kompol Danang Yudanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menuju Pemilu 2024

This will close in 20 seconds